Sejarah

 

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA

STAI MUHAMMADIYAH GARUT

Atas berkat rakhmat Allah SWT. Serta cita-cita yang luhur dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cikelet, untuk mempunyai Perguruan Tinggi Islam, maka tepatnya pada tanggal 16 Oktober 2006, pukul 19.30. di MI Muhammadiyah Cijambe dilaksanakan rapat pelaksanaan pendirian Perguruan Tinggi yang diberi nama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Garut, yang dipimpin langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Cikelet, pada waktu itu yang diketuai oleh bapak Maman Sutarman, S.Sos.,M.M.Pd. dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Garut dipimpin oleh Bapak H.Iyet Mulyana, M.Si dan dihadiri oleh seluruh Pimpinan Cabang dan ranting Muhammadiyah Se Kec. Cikelet.

Membahas sejarah maka tak akan bisa lepas dari membahas kejadian-kejadian masa lalu. Data-data kejadian masa lalu bisa kita dapatkan dari hasil cerita pelaku sejarah dan dokumentasi autentik yang benar-benar terjadi pada masa silam.

Maka tahun itu juga dilakukan pemetaan-pemetaan untuk membuat Rencana Induk Pengembangan (RIP), Statuta serta data – data lain yang dibutuhkan untuk usulan pendirian. Pada tanggal 12 Pebruari 2007 yang menjadi delegasi bapak Maman Sutarman, S.Sos.,M.M.Pd. menghadap Dikti PP Muhammadiyah di Yogyakarta didampingi oleh Bapak Jajang Herawan, SH dan Bapak Cecep Mustika Malik, SE.Ak. dan hasilnya, ditangguhkan untuk sementara,  sehubungan di Kabupaten Garut telah ada Perguruan Tinggi Muhammadiyah yaitu STAIDA Muhammadiyah Garut. Maka utusan pun  pulang dengan tangan hampa.

Tidak sampai disana maka bapak Maman Sutarman, S.Sos.M.M.Pd. dan didampingi oleh bapak Jajang Herawan, SH. bapak Wildan Ahmad NH.,S.Sos.I dan bapak Cecep Mustika Malik, SE.,Ak. menghadap kepada bapak Prof. Dr. Dadang Kahmad, M.Si pada waktu itu Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat. Dan alhamdulilah mendapat restu. melalui Rekomendasinya tertanggal 10 Dzulqadah1428 H/20 Nopember 2007 M Nomor 259/II.0/F/2007. Dan langsung dibuat pemberkasan dengan  dipercayakan kepada bapak Jajang Herawan, SH.dan bapak Cecep Mustika Malik, SE.,Ak.

Dan pada tahun 2007 dikirim berkas ke Departeman Agama, melalaui Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten dan pada tahun itu juga ditolak sehubungan berkas tidak sempurna, pada tahun 2008 diajukan lagi dan lagi-lagi ditolak. Pada tahun 2009 diajukan lagi dan lagi-lagi ditolak. Dan pada tahun 2010 diajukan lagi dengan didampingi oleh Prof.Dr.H.Nanat Fatah Natsir, M.Si alhamdulilah disetujui dan pada tanggal 15 Juni 2010 bapak Maman Sutarman, S.Sos.,M.M.Pd. dipanggil ke Jakarta untuk mengambil SK.Ijin Operasional nomor : Dj.I/370/2010 tanggal : 10 Juni 2010 didampingi oleh bapak Rosid Sutardi,S.Pd.I. Bapak Jajang Herawan, SH. Bapak Cecep Mustika Malik, SE,Ak. Dan bapak H. Asun Basuni. Seluruh biaya yang dikeluarkan untuk kepentingan tersebut diatas, berkat hati baik dari ibu Siti Mutmainah, S.Pd.I.

Pada tanggal 17 Juni 2010 disusunlah personalia STAI Muhammadiyah Garut yang terdiri dari Ketua Maman Sutarman, S.Sos.,M.M.Pd. Pembantu Ketua I bapak Rosid Sutardi, S.PdI.,Pembantu Ketua II Bapak Jajang Herawan, SH.,Pembantu Ketua III Bapak Ahmad Yani, S.Pd., Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Prodi Ekonomi Syari’ah dipegang oleh Bapak Cecep Mustika Malik, SE.,Ak., Ketua Badan Pengawas Harian (BPH) Bapak Oleh Soleh Dan staf adimistari terdiri dari Ibu Pipin Septiani, Ibu Ade Epon Nurwaidah, Bapak Edi Putra.

Pada tanggal 11 Januari 2011 diresmikan oleh Gubernur bapak. H. Ahmad Heryawan Lc, didampingi Oleh Ketua Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. H.Nanat Fatah Natsir M.Si,  Bupati Garut, Aceng Fikri, dewan Penyantun Prof. Dr. H. Karhi Nizar, SE.,Ak.,MM. Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM). Bapak Drs.H. Ayat Dimiyati, M.Ag. Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM). bapak Drs.H.Haetami, M.M.Pd. Serta tamu undangan lainnya.

Demikian sejarah singkat tentang Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Garut yang beralamat di Jln. Raya Cikelet No. 242 Kp. Cieurih Desa Cikelet Kabupaten Garut Telp./Fax (0262) 2523153.

Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Garut